Kamis, 29 September 2011

Tips Mempelajari Bahasa Inggris?? Galau Gak Bisa Bahasa Inggris??

Posted on 10.03 by fishmate


Tips Mempelajari Bahasa Inggris?? Minder Gk Bisa Bahasa Inggris?? Bingung Mau Kuliah ke Luar Negeri Tapi Gk Bisa Bahasa Inggris?? Saya berikan sedikit pencerahan untuk anda yang mau membaca,

Kali ini saya akan mencoba berbagi pengalaman pribadi saya tentang pembelajaran mengenai Bahasa Inggris. Kita semua sudah tahu bahwa penguasaan bahasa asing, terutama bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional dalam berkomunikasi di seluruh dunia sudah menjadi harga mutlak WAJIB KITA KUASAI, sekali lagi saya tekankan WAJIB!!! Saya rekomendasikan anda untuk membacanya, it’s very very worthed! Sekedar berbagi ilmu langsung aja saya akan share pengalaman saya dan memberikan tips-tips pembelajaran bahasa Inggris yang efektif untuk orang dewasa, anak SD, SMP, SMA, Pekerja, maupun Umum.Sejak kecil hingga sekarang ini sudah kurang lebih tiga tahun lulus dari bangku kuliah dan mendapatkan gelar Sarjana, jujur saja kemampuan saya dalam berbahasa Inggris sangat minim.

Beberapa buku referensi telah saya baca berulang-ulang kali, mulai dari buku pembelajaran tingkat elementary hingga tingkat Advance sudah saya baca. Saya punya cerita berkesan yang berhubungan dengan kemampuan bahasa Inggris saya, jadi ketika saya baru lulus sebagai seorang sarjana perikanan, saya berupaya mendapatkan pekerjaan yang layak, kemudian berkat kedekatan saya dengan dunia kampus dan dosen-dosen saya di kampus saya di rekomendasikan oleh dosen pembimbing saya yang merupakan lulusan Master dan Doctor dari Jepang dan sekarang Alhamdulillah gelar beliau sudah bertambah menjadi seorang Professor.

Ada sebuah perusahaan dari Jepang yang bergerak dibidang jasa ketenagakerjaan terutama dalam menjamin kesejahteraan para pelaut yang bekerja di kapal-kapal Jepang. Pimpinan perusahaan tersebut meminta langsung kepada dosen pembimbing saya untuk mencarikan seorang sarjana perikanan yang dapat bekerja di Jepang nantinya, tentunya sudah pasti kemampuan bahasa Inggrisnya harus excellent, saya mencoba memberanikan diri untuk mengambil kesempatan tersebut. Setelah saya mengirimkan langsung lamaran saya kepada pimpinan perusahaan tersebut, saya akan diwawancarai langsung oleh pihak perusahaan dari Jepang yang akan datang satu minggu kedepan, sudah pasti tentunya wawancaranya adalah dengan BAHASA INGGRIS. Dalam waktu seminggu tersebut saya mencoba mengasah skill bahasa Inggris saya, dan tibalah pada waktunya saya interview langsung dengan Staf yang dari Jepang bersama pimpinan perusahaan tersebut. Pada awal-awalnya masih berjalan lancar, sekedar introducing masih ok, berjalan baik, namun setelah lama kelamaan saya mulai tidak paham apa yang ditanyakan dan apa yang terjadi??? Saya hanya menjawab seperlunya entah nyambung atau tidak dengan pertanyannya. Saat itu saya sangat gugup dan tegang sekali, dan saya sudah pasrah untuk merelakan kesempatan untuk bekerja di Jepang sana. Dan betul apa yang diperkirakan oleh saya, Failure! Saya gagal mendapatkan kesempatan itu.

Mulai dari situ saya terus bertekad untuk meningkatkan kemampuan diri saya terutama kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Ketika mengetahui pengumuman kegagalan saya, dalam hati kecil saya bertekad, “OK…kali ini saya gagal untuk bekerja di Jepang, next time saya akan ke Jepang bukan untuk bekerja, tapi sekolah atau bahkan liburan”. Dari pengalaman tersebut saya mendapatkan banyak sekali pelajaran, dan yang terpenting adalah bahwa kita harus punya kemampuan lebih, terutama dalam penguasaan BAHASA INGGRIS!!! Makanya didepan saya katakan wajib hukumnya.Semenjak kecil saya kurang banyak mengenyam pendidikan bahasa inggris, maklum sekolah di kampung gak secanggih sekolah-sekolah di kota seperti sekarang ini. Keinginan saya untuk mengikuti kursus sangat besar tapi apalah daya biaya yang tak mendukung. Mungkin karena hal itulah kemampuan berbahasa Inggris saya amat lemah. Saya telah membaca buku-buku pembelajaran tentang bahasa Inggris yang rata-rata didalamnya mengajarkan tentang Grammar.

Hingga akhirnya saya khatam dan membacanya berulang-ulang kali saya masih tetap saja bingung jika ada orang bule ngomong atau orang lain berbicara bahasa Inggris. Saat ini Alhamdulillah saya sudah bekerja, dan memiliki kemampuan untuk mengikuti Kurusu bahasa Inggris, namun tempat kerja saya dan lokasi kursus yang amat jauh dan tidak memungkinkan, membuat saya berfikir dua kali. Daripada saya hanya menghambur-hamburkan uang namun hasilnya nihil, akhirnya saya mengurungkan niat saya untuk mengikuti kursus di lembaga pendidikan bahasa Inggris.Hingga beberapa hari yang lalu saya iseng mencari referensi tentang metode pembelajaran yang efektif dalam menguasai bahasa Inggris di internet, dan akhirnya sampailah saya di sebuah situs pemilik metode pembelajaran E-Compusoft Online English Training (http://teguhhandoko.com/?info=Angga%20Nugraha)

Saya mencoba membaca beberapa materi gratisan yang diberikan. Dan wow…saya sangat terkesan dengan metode pembelajaran yang diberikan. Inilah metode yang saya harapkan, dalam metode ini dijelaskan bahwa penguasaan bahasa Inggris tidak hanya mengutamakan Grammar (lah orang Bule sana aja klo berbicara kadang Grammarnya ancur-ancuran). Seperti halnya seorang bayi yang belajar berbicara, kita diajarkan dari nol dan saya paham bahwa bahasa Inggris itu termasuk kedalam SKILL (keterampilan) bukan sebuah pengetahuan!. Dalam mempelajari bahasa Inggris kita harus menguasai 4 keterampilan, yaitu: Listening, Speaking, Reading dan Writing. Filosofi inilah yang membuat saya tertarik.Metode ini (http://teguhhandoko.com/?info=Angga%20Nugraha) merupakan metode pembelajaran yang sangat efektif dan masuk akal, dan setelah saya pikir-pikir ternyata ada benarnya juga.

Seperti halnya seorang bayi yang belajar berbicara mereka berusaha mendengarkan terlebih dahulu, lalu setelah mengetahui kata-kata melalui pendengaran mereka, sang bayi akan berusaha untuk berbicara secara perlahan. Barulah setelah mereka pandai berbicara mereka akan mencoba belajar membaca dan menulis seperti yang diajarkan pada sekolah-sekolah TK. Saya sangat kagum dengan metode ini, LISTENING>SPEAKING>READING>WRITING, sungguh suatu metode yang rasional ketimbang kita hanya belajar Grammar yang membuat kita pandai memiliki PENGETAHUAN dalam Berbahasa Inggris bukan SKILL yang kita miliki. Tunggu apalagi, masih berpikir? "Bagaimana Meningkatkan Kehandalan Bahasa Inggris Anda tanpa menghambur-hamburkan rumus Grammar, tanpa Melalui Kursus Yang Mahal dan Membuang Waktu Berharga Anda?"

Kemampuan Berbahasa Inggris sangat berharga, seumur hidup anda tidak akan pernah rugi, dan jika anda berfikir anda sudah terlambat untuk belajar, itu sangat-sangat salah!!! Segeralah tingkatkan kemampuan bahasa inggris anda sekarang juga! http://teguhhandoko.com/member/It

Kunjungi http://teguhhandoko.com/?info=Angga Nugraha sekarang juga!