Jumat, 11 Januari 2013

Mengenal Mesin Kapal Perikanan


Salah satu komponen yang terpenting dalam satu kesatuan armada penangkapan ikan adalah kapal perikanan. Selain dari, alat tangkap, alat bantu, dan nelayan itu sendiri. Kapal merupakan sebuah benda apung yang memerlukan sebuah sistem penggerak untuk dapat berlayar atau melaju di perairan. Sistem penggerak itu sendiri terdiri dari 1) Sumber penggerak (Prime Mover), baik yang bersumber dari alam (angin) maupun dari mesin atau bisa juga tenaga manusia itu sendiri, dan 2)Alat Penggerak (Propulsor) seperti layar, propeller atau dayung. Dalam postingan kali ini saya akan membahas sistem penggerak denga tenaga mesin saja. Tentunya bagi kita yang bekerja di bidang perikanan khususnya perikanan laut sudah tentu sering melihat mesin kapal. Untuk menambah wawasan mari kita bedah apa itu sebenarnya mesin kapal dan apa saja jenis mesin yang digunakan pada kapal-kapal perikanan.

Secara sederhana, berdasarkan desain atau peruntukkannya, mesin kapal dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu:

1. Marine Diesel Engine/Mesin Kapal (Marine Use)
Marine Diesel Engine adalah tipe mesin yang memang didesain dan diperuntukkan penggunaannya untuk  kapal laut dalam hal ini kapal perikanan. Bahan bakar untuk jenis mesin ini menggunakan bensin dan solar. Pada umumnya kapal-kapal perikanan modern sudah menggunakan jenis mesin ini.

2. Marinized Engine/Mesin Darat (Automotive Diesel Engine & Stationary Diesel Engine)
Untuk Marinized Engine ini sebenarnya adalah mesin darat/otomotif yang dimodifikasi agar dapat digunakan pada kapal perikanan yang beroperasi di laut. Pada umumnya mesin-mesin yang dimodifikasi adalah seperti motor diesel darat (non-automotive) yang biasa digunakan untuk pembangkit tenaga listrik/generator, mesin bubut atau potong rumput (Stationery Diesel Engine) dan mesin diesel darat yang biasa digunakan pada kendaraan-kendaraan darat, seperti mobil, truk, bis dan lain sebagainya (Automotive Diesel Engine). Beberapa modifikasi yang dilakukan biasanya pada sistem transmisi dan sistem pendingin mesin. Adapun bahan bakar untuk mesin ini umumnya menggunakan bahan bakar solar. Mesin tipe ini pada umumnya digunakan pada kapal-kapal perikanan skala kecil/tradisional.

Sedangkan berdasarkan tata letaknya, mesin kapal dikategorikan sebagai berikut:

1. Inboard Type(Motor Dalam)
Dikatakan mesin inboard karena mesin ini terletak dalam lambung kapal (kasko) atau dibawah geladak dan terpasang duduk pada pondasi mesin sehingga propeller shaft menembus dinding lambung kapal (linggi baling-baling).

2. Outboard Type (Motor Luar)
Dikatakan mesin outboard karena mesin ini tidak terletak di dalam lambung kapal,  atau secara kasat mata pun kita dapat melihatnya langsung tanpa mesti repot-repot turun ke ruang mesin seperti mesin inboard. Biasanya mesin outboard ini terpasang duduk pada transom buritan kapal atau pada salah satu sisi bulwark atau di atas geladak buritan kapal sehingga propeller shaft tidak menembus dinding lambung kapal.

Sekian dulu penjelasan mengenai jenis-jenis mesin kapal, semoga bermanfaat dan membantu bagi anda yang awam dalam hal perikanan.

Jumat, 04 Januari 2013

Mari Menabung Dengan Cara yang Benar

Tak sengaja pagi ini saya membaca sebuah artikel di yahoo, dan saya pikir cukup menarik dan perlu saya share juga sebagai reminder bagi saya. Walaupun saya cuma copas, karena akhir-akhir ini masih sibuk dengan pekerjaan, saya harap dapat bermanfaat bagi kita semua. Ok..gak usah panjang lebar, silahkan dinikmati.

Mendengar kata "menabung", banyak orang yang otomatis mengasosiasikannya dengan gaya hidup hemat. Akhir-akhir ini malah kata menabung dan berhemat malah kadang berkonotasi negatif karena cenderung terkesan serba pelit terhadap segala sesuatu. Tetapi menabung bukan hanya sekedar hidup hemat. 

It’s so much more than just spending less money. So let’s try a new perspective:
 menabung adalah cara kita ‘membayar’ diri sendiri di masa depan dengan menyisihkan sebagian pendapatan kita hari ini. Menabung bukan lagi merupakan celengan yang hanya diisi uang receh dari sisa-sisa belanja atau rekening dengan saldo yang naik turun karena ada ATM yang memungkinkan kita menarik dana setiap saat.  

Idealnya, menabung menjadi fokus utama. Jangan menunggu sisa penghasilan untuk ditabungkan, karena di masa yang akan datang kita pasti akan membutuhkan dana yang kita sisihkan saat ini.

Memang pada kenyataannya, seringkali hal ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Banyak sekali tantangan menabung, antara lain menetukan berapa yang harus kita tabung, apakah produk yang tepat untuk digunakan, dan bagaimana memastikan uang yang sudah kita sisihkan tidak kita sabotase dikemudian hari. 

Jadi, bagaimanakah cara yang tepat untuk mulai menyusun tujuan finansial yang realistis dan mengoptimalkan uang yang kita miliki? Berikut langkah-langkahnya:

1. Pilah-pilah utangmu

Berapa banyak penghasilan Anda setiap bulan yang digunakan untuk membayar utang? Ini dapat menyadarkan Anda bahwa melunasi utang adalah cara yang paling sederhana agar Anda bisa menabung lebih banyak. Pada sebagian orang, rasio utang terhadap pendapatan berbanding terbalik dengan rasio menabung terhadap pendapatan. Singkatnya, semakin besar cicilan utang, semakin kecil uang yang ditabung untuk kebutuhan nanti. 

Maka, tuliskan semua utang Anda dan pisahkan utang produktif seperti KPR, KPM, KPA, dan utang usaha, dengan uutang non produktif seperti cicilan kartu kredit. Sedapat mungkin, lunasi utang kartu kredit Anda. Sadari bahwa Anda sedang belajar menabung untuk masa depan dan Anda dapat menabung lebih besar jika Anda tidak perlu membayar berbagai macam cicilan utang berikut bunganya.

2. Bangun dana darurat
Satu-satunya alasan yang dapat membuat Anda menunda pelunasan utang adalah untuk membangun dana darurat Anda. Besarnya dana ini berkisar antara 4 – 12 kali dari pengeluaran Anda per bulan. Hitung kebutuhan Anda dan mulailah menabung untuk mencapainya. Membangun dana darurat dapat menjadi latihan awal Anda untuk membiasakan diri Anda menabung dengan disiplin.  

3. "Tujuan lo apa?"
...adalah pertanyaan yang menjadi trademark Ligwina Hananto, CEO QM Financial, untuk menggambarkan bahwa menabung perlu tujuan. Selain untuk membantu Anda menentukan produk yang sesuai, tujuan inilah yang nantinya membatasi diri Anda ketika Anda tergoda untuk menyabotase dana yang sudah Anda tabung. 

Jika Anda menyabotase dana pensiun, maka Anda tidak akan dapat mempertahankan gaya hidup Anda sekarang saat sudah pensiun nanti. Jika Anda menyabotase dana liburan, maka Anda hanya dapat gigit jari ketika teman-teman Anda sibuk meng-update foto liburan mereka di Facebook. Jika Anda menyabotase dana uang muka rumah, maka untuk seterusnya Anda akan tinggal dengan orangtua atau mertua, dan seterusnya. 

Maka tentukan tujuan finansial Anda dan jangan lupa untuk menentukan jangka waktu realistis yang  dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut agar Anda fokus dan semangat mencapainya. 

Untuk tujuan jangka pendek, hal ini mudah dilakukan karena Anda hanya perlu mencari angkanya dan menabung secara rutin untuk mencapainya. Untuk tujuan jangka panjang seperti dana pensiun atau dana kuliah anak, Anda perlu memperhitungkan faktor inflasi ke dalam perhitungan Anda. Ada baiknya Anda belajar mengenai produk-produk investasi agar dana yang berhasil Anda tabung dikelola dengan optimal.

4. A journey of a thousand miles begins with a single step
Sekarang selalu merupakan saat yang baik untuk mulai menabung. Jika Anda tidak segera memulai, dana pensiun, dana liburan, dana pendidikan, dan dana-dana untuk tujuan finansial Anda lainnya tidak akan terkumpul dengan sendirinya. Sadarilah bahwa untuk mencapai kebebasan finansial yang selama ini Anda idamkan, ada proses panjang yang harus Anda lalui. 

Tidak usah terlalu stress memikirkan jika Anda gagal menabung bulan ini. Niatkan saja bahwa Anda akan lebih baik pada saat gajian berikutnya.


www.qmfinancial.com


Sumber: http://id.she.yahoo.com/mari-menabung-dengan-cara-yang-benar.html